Terinspirasi MCU Denny Santoso Ciptakan Tribelio

Digital Marketing Denny Santoso
Sumber: Facebook

Siapa sangka, jika Denny Santoso, seorang entrepreneur dan praktisi digital marketing Indonesia terinspirasi oleh MCU atau Marvel Cinematic Universe dalam menciptakan Tribelio.

Konon, Denny Santoso memulai bisnisnya dengan modal hanya sebesar 2.5 juta dan berhasil mengembangkan bisnisnya hingga dapat menghasilkan puluhan miliar dari bisnisnya tersebut.

Denny Santoso merupakan pendiri Tribelio dan dikenal sebagai salah satu digital marketing Indonesia yang sukses.

MENGENAL DUNIA DIGITAL MARKETING 

Dikutip dari Wikipedia, digital marketing atau pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet.

Menurut Denny Santoso, zaman sekarang ini, kompetisi bisnis memang sangat berbeda dengan 15 atau 20 tahun lalu. Strategi pemasaran terampuh saat ini, adalah teknik digital marketing. 

“Saat ini product base telah tergantikan dengan konsep story based. Maka yang punya story keren, tentunya akan mendapatkan banyak follower dan bisa booming produknya. Jadi di antara banyaknya produk sejenis dengan perbedaan yang tipis. Namun, akhirnya yang menjadi pilihan adalah karena banyak orang yang mengikuti story yang bagus dari founder-nya,” jelas Denny Santoso dalam video YouTube di channel-nya.

Strategi digital marketing sendiri adalah sebuah strategi pemasaran yang cakupannya sangat luas. Jika ingin menguasainya, kita harus mau mempelajari banyak media sekaligus dan mempraktikkan ilmunya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik penjualan door-to-door sebagai salah satu teknik yang jitu untuk pemasaran saat ini sudah tidak efektif lagi. Digital marketing inilah strategi yang berhasil untuk menggantikannya teknik penjualan door-to-door.

Denny Santoso dan Tribelio

Pria kelahiran Malang tahun 1978 ini, merupakan anak pertama dari 3 bersaudara. Denny Santoso memulai bisnisnya sejak SMA, saat itu dia mulai berjualan CD Games. Hal tersebut dilakukan karena Denny tidak ingin membebani orang tuanya.

Tahun 1999, Denny mulai merintis bisnis suplemen kesehatan dengan bermodalkan uang sebesar Rp2,5 juta yang terkumpul dari hasil berdagang, di masa kuliahnya dan berhasil memperbaiki perekonomian keluarga.

Pada tahun 2007, Denny Santoso mulai mendalami bidang digital marketing. Denny mulai membangun personal branding di industri fitness melalui media digital, menulis buku, dan mulai menjadi pembicara seminar serta talkshow. Kesuksesannya berlanjut hingga Denny mempunyai TV Show di MNC Channel pada tahun 2013.

Tidak main-main serta selalu fokus dalam segala hal yang dilakukannya. Denny berhasil menjual 26 unit apartemen dengan nilai hampir Rp10 miliar dalam semalam hanya dengan email marketing. Diikuti Rp11 miliar dalam internasional dropship, dan semua didapatkan hanya dalam satu bulan! Berkat semua kegigihan dan kerja kerasnya tersebut, Denny Santoso menjadi digital marketing Indonesia yang sukses.

Pada September 2019, Denny Santoso pun meluncurkan Tribelio. Tribelio adalah sebuah platform berbasis komunitas, seperti grup sosial media yang dirancang agar bisa membantu meningkat penjualan para pebisnis UKM hingga 10 kali lipat.

Baca juga: Mudahnya Membuat Landing Page Menggunakan Tribelio 

“Tribelio ini memang terinspirasi dari MCU atau Marvel Cinematic Universe, selalu ada konten. Misalnya ketika Disney mengeluarkan film baru seperti Iron Man, Thor, dan lain sebagainya, itu adalah konten untuk dikonsumsi masyarakat agar mengerti ceritanya. Setelah film selesai, penghasilannya masih bisa masuk dari penjualan merchandise juga licensing. Jadi dengan tatanan story, masyarakat akan merasa terlibat di dalam universe atau alam yang sudah dibangun tersebut dengan datang ke wahananya, beli merchandise-nya, atau figure-nya, dari situlah hasil besar yang di dapatkan. Begitulah yang dimaksud dengan konsep building the universe,” ucap Denny Santoso dalam video YouTube-nya.

Makin tertarik ya, dengan dunia digital marketing? Simak ulasan selanjutnya mengenai Denny Santoso dan Buku Content Creator Black Book juga List Building Black Book yang dapat menjadi panduan bagi kita untuk lebih memahami dunia digital marketing.

Share:

0 comments