Yayasan PKP JIS Cetak Generasi Emas Bangsa Lewat Kegiatan Robotik

Yayasan PKP JIS Cetak Generasi Emas Bangsa Lewat Kegiatan Robotik
Piala Kejuarnas Bllitar Tim Robotic MTs. PKP JIS - Sumber: Dokpri 

Perkembangan zaman saat ini menuntut masyarakat untuk dapat menyesuaikan diri dengan semua yang serba digital. 

Demikian halnya pada bidang pendidikan, baik orang tua maupun sekolah dituntut untuk dapat terus menyesuaikan diri dengan dunia digital dan tekhnologi. Untuk itu Yayasan PKP Jakarta Islamic School sebagai penyelenggara pendidikan dari jenjang Kelompok Bermain sampai Perguruan Tinggi ingin selalu ikut berperan serta dalam mencetak generasi emas bangsa. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan kegiatan robotik yang dikemas dalam bentuk ekstrakurikuler.

Ekstrakurikuler Robotic PKP JIS


Ektrakurikuler robotic memang merupakan ekskul unggulan yang dimiliki oleh PKP JIS. Kegiatan ini diselenggarakan bagi peserta didik dari jenjang MI, MTs., hingga SMA.

Dalam kegiatan ekskul robotic ini, anak banyak diajarkan motorik halus, fokus, kesabaran, kreativitas, strategi, hingga kerja sama dalam tim.


"Anak-anak yang mengikuti ekskul robotic ini kemudian akan diikutkan dalam kompetisi atau kejuaraan baik tingkat provinsi, nasional, maupun internasional," ujar Anatta Sannai, M.Pd. selaku pembina ekskul robotic PKP JIS.

Prestasi yang baru-baru ini didapatkan dari kegiatan robotik berasal dari Tim Robotic MTs. PKP JIS yang telah diberangkatkan pada tanggal 15 September lalu untuk mengikuti Kejurnas Robotik yang diselenggarakan di Kota Blitar Jawa Timur 17-18 September 2022.

Kejurnas Robotic Blitar
Tim Robotic MTs. PKP JIS - Sumber: Dokpri

Memborong Piala di Kejurnas Robotik Blitar


Pada Kejurnas Robotic Blitar yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar bekerjasama dengan IRTC (International Robotic Training and Competion) Tim Robotic MTs. PKP JIS berhasil memboyong juara 1 untuk kategori Robot Soccer, juara 2 untuk Robot Sumo 500gram, juara 2 untuk Robot Line Follower, dan mengantongi juara 1 "The Best Strategy" untuk kategori Sumo 1kg.

Tim Robotic MTs. PKP JIS yang mengikuti Kejurnas Robotic Blitar terdiri dari 10 orang siswa dan siswi kelas 7, 8, dan 9 serta tiga orang pendamping yaitu Anatta Sannai, M.Pd. selaku pembina, Anta Wijaya, S.Pd. selaku pelatih dan Atjih, S.Pd. selaku pendamping tim siswi. 

Untuk memenuhi kategori lomba, tim dibagi menjadi:

1. Tim Robot Soccer
-Aryasatya Azka Putra P. dari Kelas 8C (Kapten Tim Soccer dan Mekanik)
-Arvel Ghailan Pangestu dari Kelas 8C (Programmer dan Pengendali)
-Yuan Faisal Hakim H. dari Kelas 7A ( Pengendali)
-Reyhan Alif Rafa dari Kelas 7A ( Pengendali)

Tim Robot Soccer MTs. PKP JIS
Tim Robot Soccer MTs. PKP JIS (dari kiri ke kanan: Reyhan, Arya, Faisal, Arvel) - Sumber: Dokpri

2. Tim Sumo 500 gram
-Shafira Maharani Wijaya dari kelas 9A (Ketua OSIS dan Kapten Tim Sumo 500gram)
-Yolanda Wisnu Salsabila dari kelas 8C (Pengendali)

Tim Robot Sumo 500gram MTs. PKP JIS
Tim Robot Sumo 500gram MTs. PKP JIS (kiri: Yolanda, kanan: Shafira) - Sumber: Dokpri

3. Tim Sumo 1kg
-Ghaisan Fadhailillah Ahza B. dari kelas 8B (Kapten Tim Sumo 2Kg, Programmer dan Pengendali)
-Alpha Rafi Pandya dari kelas 8C (Mekanik dan Pengendali)

Tim Robot Sumo 1Kg MTs. PKP JIS
Tim Robot Sumo 1Kg MTs. PKP JIS (kiri: Ghaisan, kanan: Alpha) - Sumber: Dokpri

4. Tim Line Follower
-M. Kaisar Sannai dari kelas 7A (Kapten Tim Line Follower)
-Axl Alfa Al-Jabar dari kelas 7C (Pengendali)

Tim Robot Line Follower MTs. PKP JIS
Tim Robot Line Follower MTs. PKP JIS (kiri: Axl, kanan: Kaisar) - Sumber: Dokpri

Pada saat latihan jarak jauh Jakarta - Blitar, Arya sang kapten tim soccer membuat kejutan dengan berhasil menjalankan robot yang berada di Blitar dari Jakarta.

"Arya berhasil me-remote robot yang posisinya ada di Blitar dan itu sangat luar biasa," ujar Anatta Sannai ketika menceritakan persiapan tim dalam latihan sebelum keberangkatan ke Blitar.

Perolehan ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi Yayasan PKP JIS, MTs., dan orang tua. 


Menurut Anatta Sannai selaku pembina club robotic, tim ini direncanakan akan kembali mengikuti kejuaraan robotic pada awal tahun di Thailand yang disebut-sebut akan diikuti ribuan peserta dari seluruh dunia.
Penyambutan Kepulangan Tim Robotic MTs. PKP JIS
Penyambutan Kepulangan Tim Robotic MTs. PKP JIS - Sumber: Dokpri

Yayasan PKP JIS Berusaha Mencetak Banyak Generasi Emas


Pada acara penyambutan kepulangan Tim Robotic MTs. PKP 18 September lalu di Gedung Yayasan PKP JIS, Wakil Ketua Umum Yayasan PKP, H. Sukesti Martono, M.A. menegaskan kembali, hendaknya para peserta yang telah mendapatkan prestasi jangan berpuas hati sampai di situ saja. 

Sebagai generasi emas penerus harus mampu terus meraih banyak prestasi agar masa depan bangsa ini gemilang.

"Kalian harus tahu, what you want to be and why? Ketika sudah bisa menjawab pertanyaan tersebut maka akan lebih mudah untuk memetakan masa depan," imbuh H. Sukesti Martono, M.A, dalam sambutannya untuk Tim Robotic MTs. PKP JIS.
Wakil Ketua Umum Yayasan PKP JIS H. Sukesti Martono, M.A. - Sumber: Dokpri

Turut hadir dalam acara penyambutan kepulangan Tim Robotic MTs. PKP, Ketua Badan Pengawas Yayasan PKP-H. Andi Mappaganty, Sekretaris Yayasan PKP-Dr. Tongato Atmowinoto, M.Si., Kepala MTs. PKP JIS-Sukarno, S.Pd., Pembina Club Robotic-Anatta Sannai, M.Pd., serta orang tua murid dari Tim Robotic MTs. PKP JIS.

Yayasan PKP JIS akan selalu memberikan dukungan dan berperan serta dalam mencetak generasi emas bangsa, salah satunya melalui kegiatan robotic ini.

Share:

9 comments

  1. Anonymous10:16 AM

    Selamat atas peraihan juaranya. Mendukung bakat dan minat anak akan menjadikan anak percaya diri dan berprestasi. In sya Allah menjadi motivasi bagi yang lain.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Menarik sekali kegiatannya? apakah ada anak yang mendapat juara? selamat ya kalau begitu.. bisakah kompetisi ini diikuti oleh pesereta non PKP JIS?

    ReplyDelete
  4. Masyaallah tabarakallah. Selamat atas pencapaiannya, ya, Anak-anak hebat. Pastinya mereka mempunyai support system yang baik sehingga bisa mempunyai prestasi cemerlang.

    ReplyDelete
  5. Wawww kereen selamat atas perolehan juara lomba...semoga semakin bagus kedepannya

    ReplyDelete
  6. Kagum sama sekolah yang punya ektrakurikuler robotic. Di zaman sekarang sebaiknya semua sekolah punya tapi pada kenyataannya tidak banyak yang mampu menyelenggarakannya.

    ReplyDelete
  7. Wah keren ini, dulu zaman saya SMP belum ada eskul robotic. Kalo ada pasti saya ikutan. Selamat buat adik-adik yang menang ;) Semoga ke depannya robotic dan AI semakin meluas dipelajari di Indonesia.

    ReplyDelete
  8. Keren banget anak anak didiknya ya bun. Pastinya pembimbing nya tidak pernah henti memberikan support terbaik. Semoga bisa dibawa sampai jenjang berikutnya.. Aamiin

    ReplyDelete
  9. menarik ada sekolah dengan program kegiatan robotik seperti ini.
    pernah membaca beritanya, aku dibuat kagum dengan adik adik yang berprestasi di lingkup internasional dengan tema robotik, karena yang aku tau untuk bikin pemrogramannya aja kayaknya susah
    semoga event di Thailand bisa berlangsung dengan baik dan balik ke Indo membawa prestasi lagi

    ReplyDelete