Mengatasi Morning Sickness dengan Hipnoterapi dan Menjaga Pola Makan

Tips Kehamilan Sehat
Sumber: Dokumen Pribadi

"Selamat, Anda hamil!" Wow, berjuta rasanya ketika dokter mengatakan hal tersebut kepada Moms dan suami atau ketika Moms melihat garis 2 pada alat testpack kehamilan. 

Semua pasangan pasti menginginkan kehamilan yang sehat dan berusaha untuk mencari tahu mengenai kehamilan berupa tips kehamilan sehat  ataupun tips saat hamil agar mendapatkan informasi yang cukup banyak dalam menjalani kehamilan sehat.

Menurut Pak Agus Jatmika Soegiarto, pemilik Klinik Kehamilan Sehat - PT. Kehamilan Sehat Sejahtera yang diwawancarai via zoom meeting, tanggal 2 Juni 2022, bahwa kondisi kehamilan seorang ibu dapat direncanakan sejak pasangan menjalankan program hamil, seperti mengatur pola makan dan pola hidup sehat.

“Menjaga pola makan dan pola hidup sehat bagi pasangan penting sekali untuk kesiapan menjalani kehamilan, baik secara fisik maupun psikologis,” imbuhnya.

Klinik Kehamilan Sehat yang dikelola oleh Pak Agus Jatmika, merupakan klinik yang mempunyai tujuan untuk memberikan edukasi kepada pasangan yang sedang atau ingin menjalankan program hamilmaupun pasangan yang sedang menjalani masa kehamilan.

“Selain itu, kami juga ingin memberikan pelayanan yang maksimal dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat luas,” tambah Pak Agus lagi.

Pada kesempatan zoom pagi tadi, saya sempatkan juga untuk bertanya mengenai morning sickness yang menjadi salah satu masalah saat kehamilan. Di mana saat morning sickness terjadi, kondisi yang tidak nyaman dirasakan oleh ibu hamil. Di antaranya adalah mual, muntah, pusing, berkeringat dingin hingga lemas. Sepanjang hari merasakan mual. Makanan yang biasanya menjadi favorit, malah membuat perut "berontak", beberapa ibu hamil malah mual ketika mencium aroma tubuh suami.

Berangkat dari pengalaman saya ketika menjalani 4 kali kehamilan, semuanya mengalami morning sickness. Bahkan, cukup parah di kehamilan ke-4. Saat itu usia saya pun sudah memasuki 39 tahun hingga menyebabkan saya harus bedrest total.


Pak Agus Jatmika Soegiarto - PT. Kehamilan Sehat Sejahtera
Pak Agus Jatmika Soegiarto - Sumber: Dokumen Pribadi


Dalam artikel ini, saya akan berbagi tips kehamilan sehat khususnya mengatasi morning sickness ala Pak Agus Jatmika Soegiarto.

Apa itu Morning Sickness

Morning sickness bukanlah sebuah penyakit. Mari kita cari tahu, apa sih sebenarnya morning sickness itu?

Morning sickness atau dalam bahasa latinnya emesis gravidarum adalah keadaan yang dialami oleh ibu hamil trimester awal (3 bulan pertama kehamilan), seperti mual dan muntah. Kondisi ini normal dialami oleh ibu hamil dan pada umumnya akan hilang setelah masuk trimester kedua. Walaupun ada juga beberapa ibu hamil yang mengalaminya hingga akhir kehamilan.

Meskipun disebut morning sickness, gejalanya tidak hanya terjadi di pagi hari. Beberapa ibu mengalaminya di malam hari, bahkan ada juga yang mengalaminya sepanjang hari. Tingkat keparahannya, ada yang masih bisa makan, ada yang tidak bisa "masuk" apa pun. Ada ibu yang masih tetap produktif dengan tetap bekerja di kantor atau aktif melakukan pekerjaan rumah tangga, tetapi ada juga yang harus menjalankan bedrest atau dirawat di rumah sakit. Namun, ternyata ada juga ibu yang sama sekali tidak mengalami morning sickness.

Meningkatnya Hormon Human Choirionic Gonadotropin (HCG) di dalam tubuh, disebut-sebut sebagai penyebab kondisi ini. Dinding lambung menjadi sensitif karena Hormon HCG, sehingga menyebabkan mual. Rasa lapar sekaligus mual terjadi karena hormon ini juga menyebabkan gula di dalam darah cepat dikeluarkan. Bukan hanya HCG, ada beberapa hormon-hormon kehamilan dan hormon wanita, yang ikut muncul karena kehadiran plasenta. Fungsinya agar tubuh dapat mempertahankan kehamilan, mempersiapkan laktasi, menjaga kesehatan organ-organ produksi, dan menjaga fungsi plasenta itu sendiri agar janin hidup dan cukup mendapat makanan.



www.haningarum.com
Sumber: Dokumen Pribadi


Mengatasi Morning Sickness dengan Hipnoterapi

Menurut Pak Agus Jatmika, morning sickness yang dialami ibu hamil dapat diatasi dengan melakukan hipnosis. Cara kerjanya adalah dengan mencari tahu apa yang menjadi sugesti negatif dari ibu hamil, kemudian perlahan menggesernya dengan sugesti atau pikiran positif sehingga kondisi mual muntah, apalagi yang berlebihan dapat segera teratasi.

“Kondisi mual muntah berlebihan, jika tidak segera diatasi, dapat mengganggu kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Hipnoterapi adalah salah satu cara yang saya gunakan untuk mengatasi kondisi tersebut, sehingga perlahan ibu hamil mulai dapat mengkonsumsi makanan dan minuman lagi,” kata Pak Agus Jatmika pada zoom meeting.

Mengatasi Morning Sickness dengan Pengaturan Pola Makan

Nah, pengaturan pola makan juga merupakan salah satu tips kehamilan sehat dalam mengatasi "hantu" morning sickness yang kerap dialami oleh ibu hamil. Mari cek tips dan triknya berikut ini.

Lakukan:

1. Makan setiap 1-2 jam, atau makan sedikit-sedikit tapi sering.

2. Makanan kaya karbohidrat bisa mengurangi rasa mual. Moms dapat memilih roti gandum, kreakers, kentang, ubi, singkong, atau pisang rebus.

3. Makan makanan yang kaya akan vitamin B6. Kenapa? Karena vitamin B6 bersifat anti-mual, sebab membantu mencerna lemak dan asam lemak, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin B6 bisa didapatkan dari gandum, ragi, hati, pepaya, kentang, jamur, pisang, sayuran kering, dan sirup tebu.

4. Hindari makanan yang beraroma menyengat serta bersantan. Dianjurkan memakan hidangan berkuang bening, seperti sup dan sayur bening.

5. Sangat dianjurkan untuk minum susu hamil khusus mengatasi mual.

6. Sering minum air putih, moms bisa tetesi dengan perasan lemon. 

7. Konsumsi buah-buahan segar, seperti pepaya, pisang, melon, mangga dan apel.

8. Silakan konsumsi makanan pedas atau asam, jika memang moms merasa dapat menyegarkan serta mengatasi mual. Namun, jangan kebanyakan, karena tidak baik bagi lambung.

Jangan Lakukan:

1. Makan sekaligus banyak atau terlambat sehingga perut terlanjur keroncongan.

2. Makan makanan berlemak, karena dapat memperlambat kerja lambung.

3. Makan makanan bersantan dan berbumbu kuat, seperti opor, gulai, rendang, sayur lodeh, woku, dan lain-lain.

4. Makan kacang atau berbumbu kacang, misalnya siomai, gado-gado, ketoprak. Kacang tanah adalah pencetus mual karena kaya lemak.

5. Minuman berkafein seperti teh dan kopi.

6. Minuman berkarbonasi misalnya soda.

7. Kurang konsumsi air putih, terutama jika muntah-muntah, karena dapat menyebabkan dehidrasi.

Selain tips kehamilan sehat di atas, Pak Agus Jatmika juga mengimbau agar suami hendaknya memberikan semangat dan dukungan penuh bagi ibu hamil.

Buat Moms yang ingin mencoba metode hipnosis untuk lebih positif saat menjalani kehamilan, progam hamil ataupun mendapatkan tips saat hamil, bisa berkonsultasi langsung ke Klinik Kehamilan Sehat yang mengutamakan pelayanan dan kenyamanan serta dokter yang berkualitas sehingga calon ibu dan ayah tenang selama menghadapi masa kehamilan sampai persalinan. Klinik Kehamilan Sehat, juga cocok untuk Moms yang ingin melahirkan secara normal.

Saat ini, sudah ada 15 cabang Klinik Kehamilan Sehat yang dikelola PT. Kehamilan Sehat Sejahtera, yaitu di Bandung, Surabaya, Palembang dan Jabodetabek. Untuk alamat lengkapnya, bisa mengakses website: www.kehamilansehat.com

Yuk, ikuti tips kehamilan sehat di atas. Sehat, semangat, dan bahagia selalu dalam menjalani kehamilan, Moms. semoga bermanfaat :)


Share:

30 comments

  1. Kereeeen isi tulisannya. Makasih ya mba udah bantu aku menjalani morning sickness ya.

    ReplyDelete
  2. Pengalaman dan informasinya sangat bermanfaat. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, trima kasih sudah berkunjung

      Delete
  3. Alhamdulillah, dapat informasi yang bagus nih tentang kehamilan. Semoga bisa membantu banyak ibu-ibu yang mengalami morning sickness ya, Mbak Haning

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, trima kasih mbak ayu sudah berkunjung :)

      Delete
  4. infonya bagua nih buat yang lagi morning sickness

    ReplyDelete
  5. Morning sickness kalau tidak mendapatkan penanganan yang tepat bisa mengganggu perkembangan janin ya Bund.
    Beruntung ya ada Klinik Kehamilan Sehat, kita bisa konsultasi dan mendapatkan perawatan, bahkan bisa melalui hipnoterapi juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Bun. Karena bisa menyebabkan kurang nutrisi.

      Thanks for visiting my blog :)

      Delete
  6. Informasi yang jarang orang tahu. Ini membantu orang banyak khususnya ibu2 hamil. Keren sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terima kasih. Semoga bermanfaat :)

      Delete
  7. Saya termasuk langganan morning sickness 😌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahhh, samaan ya bun. 4 kali kehamilan semua mabuk beraattt hehe.

      Delete
  8. Anonymous10:30 PM

    Masya Allah terima kasih banyak atas informasinya. Sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  9. Setiap hamil slalu ngalamj ini Aku Bun, uh kesiksa rasanya sampai usia 5 bulan kehamilan. Tulisan bunda jd bekel penting banget buat aku kalau di kasih mongmongan lagi. Terimakasih ya Bun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak, sehat selalu ya :)

      Delete
  10. Morning sikckness bikin kepala puyeng dan perasaan tersiksa bagi yang mengalaminya. Kehamilan yang diharapkan dapat dijalani dengan tenang, malah bisa bikin senewen juga. Artikelnya bermanfaat dan mudah-mudahan membantu bagi Bunda-bunda yang sedang hamil dan mengalaminya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Dian, Aamiin Mbak, insyaa Allah bermanfaat ya buat para bumil dan calon bumil :)

      Delete
  11. Fatimah10:10 AM

    Pernah merasakan ini, untungnya masih bisa beraktifitas seperti biasa walau sedikit sedikit mual 🤭🤭🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya Mbak. Sehat selalu :)

      Delete
  12. Anonymous10:41 AM

    Sangat bermanfaat sekali infonya, dulu pernah ngerasain juga nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata-rata bumil pernah merasakan morning sickness ya, Bun :)

      Delete
  13. Saya juga mengalami morning sickness waktu di kehamilan pertama. Waktu itu sampai gak doyan makan. Sering mual kalau mencium aroma yang kuat. Setelah memasuki trimester kedua baru bisa enak makan hehehe

    ReplyDelete
  14. Aku bersyukur, saat hamil dulu tidak pernah mengalami morning sickness. Mungkin anakku tahu kalau ibunya harus kerja, jadi saat kehamilan semuanya smooth banget sampai hari lahiran tiba.

    ReplyDelete
  15. Morning sickness termasuk keluhan yang umum dirasakan oleh bumil, dan itu normal sih. Syukurnya saya termasuk yang tidak terlalu mengalami keluhan ini. Selama hamil alhamdulillah tidak sampai muntah-muntah, cuma sedikit mual dan pusing aja di trimester awal kehamilan.
    Smg semua bumil sehat dan bisa melahirkan normal

    ReplyDelete
  16. Waaah, bener banget. Saya ngerasain morning sickness yang hebat waktu kehamilan si kembar. Keren juga nih tipsnya, bisa jadi bekal kalau nanti punya momongan lagi, hehehe

    ReplyDelete
  17. Kalau morning sickness ternyata berbeda-beda setiap kehamilan ya mba. Jadi tahu bagaimana cara mencegahnya. Makasih tipsnya mba Haning😊

    ReplyDelete
  18. Bermanfaat sekali ulasannya, jadi tambah ilmu bagi emak ini

    ReplyDelete