Cerita Awal Mula Berbisnis Online


AWAL BERBISNIS ONLINE

Awal berbisnis online, saya lakukan ketika masih bekerja. Tahun 2010, lewat market place Tokopedia saya menawarkan aneka asesoris (kalung & gelang) dari Bali.

Waktu itu memang tidak serius menjalankan bisnisnya karena masih fokus sama kerjaan. Ya, karena memang hanya iseng, jadi penghasilan ikutan iseng dapatnya 😁

Anehnya waktu itu, saya malah lebih banyak menerima orderan aneka cake, puding dan taart. Entah kenapa, ya, dulu tidak pernah kepikiran untuk ditawarkan secara online. Kalau ingat hal tersebut jadi merasa stupid hehee ...

Tahun 2011, setelah resign dari perusahaan kosmetik multinasional, saya dipertemukan dengan Oriflame Jaringan Mamak Santy Rusmali, Club Boss Family. Di sinilah saya banyak belajar yang namanya networking.

Menjalankan Bisnis MLM dan Beberapa Bisnis


Dengan background pekerjaan human resource dan background pendidikan Administrasi Bisnis, cukup mendukung kerja online saya di Oriflame. Di sini saya banyak di gembleng mulai dari networking, konsistensi, fokus, sampai manajemen waktu sehingga dalam waktu cepat bisa mencapai level manager dan kemudian senior manager.

Namanya bisnis MLM, maintenance jaringan itu sangat penting karena jika tidak dilakukan hasilnya jaringan bisa rontok dan habis. Itulah yang terjadi ketika pada tahun 2014-2015, ketika masalah rumah tangga mendera hingga saya down.

Untungnya saya pernah mengikuti kursus rias pengantin dan salon sehingga setelah berhenti menjalankan Oriflame saya sering dimintai bantuan merias oleh guru rias pengantin saya yang sabar dan baik hati. Saat ini, saya masih terdaftar sebagai member Oriflame :)

Tahun 2017, saya berhasil membuka salon dan sanggar rias pengantin yang saya beri nama Sarasayu Wedding (Facebook dan instagram @sarasayuwedding). Melayani rias juga home service treatment

Tahun 2018, akhirnya lahirlah sebuah penerbitan dengan nama CV. Sarasayu Samudro pada akta notaris atau yang lebih dikenal dengan Sarasayu Samudro Publishing (Facebook dan Ig @sarasayubooks).

Kenapa penerbitan? Karena suami seorang penulis novel dan naskah skenario, jadi karya-karyanya bisa terbit di bawah bendera sendiri. Beberapa novelnya adalah Indigo Mencari Tuhan, Tanah Perjanjian, Senyum dari Langit, Petaka Matahari, Bulu Sayap Jungkook. Dan masih banyak lagi naskah yang akan segera diterbitkan. 

Ketika Covid 19 datang melanda, di 2020 saya terpaksa menghentikan semua operasional Sarasayu Wedding. Penerbitan masih berjalan walau tidak segencar tahun sebelumnya, karena di April 2020 saya diberikan bonus yang sangat berharga yaitu kehamilan anak ke 3. Kehamilan yang lumayan berat dijalani karena usia waktu itu sudah 39 dan ancang-ancang untuk melahirkan di usia 40 tahun.

Mulai Menulis Buku


Akhirnya, selain mengeditori naskah paksu, saya pun ikut menulis. Memang saya suka menulis sejak SMA, tetapi tidak pernah PD untuk mempublikasikan karya-karya saya. Tahun 2020 terbitlah novelet CINTA DUA DIMENSI berduet dengan suami tercinta dan tahun 2021 ini saya akhirnya percaya diri untuk menerbitkan naskah yang lama tersimpan yaitu EMAK BERBISNIS. Kepoin bukunya di sini, ya .... 

Kisah inspiratif emak berbisnis
Sumber: Dokumen Pribadi

Buku bisnis Emak Berbisnis
Sumber: Dokumen Pribadi


Komunitas Emak Berbisnis dan Literasi

Nah, untuk mendukung wanita dan pecinta literasi di mana pun mereka berada untuk belajar bisnis dan kepenulisan bersama, saya membuat komunitas baru dengan tujuan untuk mendukung, menambah wawasan dan silaturahmi sesama wanita. Gabungnya di sini, ya ....

KOMUNITAS EMAK BERBISNIS


🌟Instagram🌟

KOMUNITAS LITERASI


Membuka Bisnis Kuliner dan Fashion

Apakah sudah selesai? Belum saudara-saudara 🤣🤣🤣.

Saat ini saya juga sedang membesarkan bisnis kuliner saya yaitu milky jelly, minuman yang terbuat dari susu sapi murni dan jelly dengan banyak varian rasa dan juga sambal bawang spesial. Dengan brand Bakoel Ibu bisa dijumpai di Facebook dan Ig @bakoelibu juga Grab Food dan Go Food Bakoel Ibu.

Milky Jelly
Sumber: Dokumen Pribadi


Sambal Bawang Enak
Sumber: Dokumen Pribadi

Masih ada juga Sarasayu Fashion (Ig @sarasayufashion) yang produknya sedang saya duetkan dengan Buku Emak Berbisnis 😍

Buku Emak Berbisnis
Sumber: Dokumen Pribadi

Mencoba Menjadi Marketer

Selanjutnya dan kayaknya yang terakhir sih hehehe .... Saya menjadi marketing freelance di Kursus Masak dan Pengembangan Diri Online bernama Avela. Info kursus masak online, klik di sini.

Kursus masak online
Sumber: Avela

Nah, sampai di sini cerita awal saya berbisnis online sampai dengan saat ini, silakan berbagi dengan meninggalkan komen, ya. Semangat untuk semua Emak di mana pun kalian berada. 🔥🔥🔥💪💪💪

Salam sayang
❤️❤️❤️

Share:

0 comments