Rahasia Kulit Sehat, Glowing, dan Cantik Ala Korea

Rahasia Kulit Glowing
Sumber: Dokumen Pribadi

Siapa sih yang tidak mendambakan kulit sehat dan glowing? Memiliki kulit yang sehat dan glowing merupakan dambaan setiap orang terutama kaum wanita. Apalagi kulit sehat, glowing, dan cantik ala Korea, yang pastinya akan membuat penampilan semakin woowww ….

Setiap orang tentunya memiliki jenis kulit wajah yang berbeda satu dengan yang lainnya. Jenis kulit wajah yang dimiliki seseorang bisa berubah seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, jenis kulit wajah juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain, misalnya faktor lingkungan, faktor genetik, penyakit tertentu, paparan sinar matahari, debu, dan polusi berkepanjangan.

Nah, karena berbeda tipe kulit, tentunya berbeda pula cara perawatan dan produk perawatan kulit yang harus digunakan. Untuk itu mari kita mengenal lebih jauh mengenai kulit wajah, agar kita bisa memiliki kulit sehat, glowing, dan cantik ala Korea.

MENGENAL JENIS KULIT

Beberapa faktor yang menentukan Jenis kulit wajah seseorang, yaitu:

- Jumlah air yang ada pada kulit akan memengaruhi elastisitas kulit
- Kandungan minyak yang berpengaruh pada kelembutan serta nutrisi kulit
- Level kepekaan kulit dalam merespon zat atau bahan tertentu

Berdasarkan ketiga faktor di atas, jenis kulit wajah dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

1. Kulit Normal

Jenis kulit normal biasanya memiliki keseimbangan antara kandungan air dan minyak. Hal tersebut menjadikan kulit tidak terlalu kering tetapi juga tidak terlalu berminyak. Bagi yang berjenis kulit wajah normal, biasanya jarang memiliki masalah kulit. Kulit tidak terlalu sensitif, kelihatan bercahaya, dan pori-pori pun hampir tak terlihat. Jenis kulit normal pada umumnya akan lebih mudah dirawat.

2. Kulit Kering

Jenis kulit ini umumnya terjadi akibat rendahnya tingkat kelembapan pada lapisan kulit terluar, sehingga mengakibatkan kulit kering mudah pecah-pecah dan mengalami keretakan pada permukaan kulit. Beberapa faktor penyebab kulit kering yaitu, faktor usia, keturunan atau genetis, cuaca, perubahan hormon, sinar matahari, mandi air panas terlalu lama, efek samping obat-obatan. Selain itu, bahan yang terkandung dalam produk sabun, kosmetik, dan pembersih juga memiliki andil dalam faktor penyebab kulit kering. 

Pemilik jenis kulit wajah kering biasanya memiliki ciri-ciri seperti, pori-pori kulit yang hampir tak terlihat, permukaan luar kulit terlihat kasar dan kusam, serta kulit kurang elastis. Kulit kering juga lebih mudah mengalami kemerahan, bersisik, gatal, serta meradang.

3. Kulit Berminyak

Jenis kulit wajah berminyak, cenderung licin dan mengilap. Hal tersebut karena produksi minyak atau sebum yang berlebih. Sebum sendiri dihasilkan secara alami oleh kelenjar minyak di bawah permukaan kulit. Namun, kelebihan sebum akan membuat kulit wajah menjadi berminyak, pori-pori menjadi tersumbat, dan membuat kulit rentan mengalami jerawat. Seperti yang saya alami :)

Beberapa faktor yang memengaruhi tingginya produksi sebum yaitu, faktor genetik, perubahan hormon, juga stres.

Ciri-ciri jenis kulit wajah berminyak, cenderung memiliki pori-pori besar, terlihat berkilau tetapi kusam, dan biasanya disertai komedo, jerawat, serta noda hitam.

4. Kulit Sensitif

Jenis kulit sensitif umumnya sangat peka dan mudah sekali mengalami alergi atau iritasi juga ruam sebagai reaksi terhadap faktor tertentu, seperti lingkungan, makanan, atau penggunaan produk kosmetik.

Kulit wajah sensitif mudah terkelupas, kering, kemerahan, gatal,  dan terasa perih, serta mengalami breakout ketika terjadi kontak dengan berbagai hal yang dapat memicu munculnya gejala tersebut di atas.

5. Kulit Kombinasi

Jenis kulit wajah kombinasi merupakan perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering. Jenis kulit wajah ini memiliki kulit berminyak di area zona T ( dagu, hidung, dan dahi), serta kulit kering di area pipi. Faktor yang memengaruhi jenis kulit wajah ini, yaitu faktor genetik dan peningkatan hormon selama masa pubertas.

Kulit Sehat, Glowing, dan Cantik ala Korea

Menurut Alwin Lily dari IB Clinic, yang dijumpai oleh Indari Mastuti, Founder Indscript Creative di lokasi kliniknya, untuk memiliki kulit sehat, glowing, dan cantik ala Korea tentunya tidak bisa instan. “Kebanyakan orang terutama para wanita, ingin memiliki kulit sehat dan glowing secara cepat, misal dalam 1-2 minggu. Padahal, memiliki kulit sehat tentunya harus dirawat dengan benar menurut jenis kulit masing-masing, pola makan, dan tidak sembarangan memakai kosmetik,” imbuh Alwin Lily.

“Bagi yang menjalani perawatan di IB Clinic, kami tidak pernah memberikan advice pemakaian obat-obatan yang berlebihan. Dan satu lagi yang harus diperhatikan adalah, hati-hati dengan berbagai penawaran yang katanya bisa membuat kulit glowing instan, apalagi sampai membuat kulit merah, karena sudah pasti mengandung zat yang berbahaya,” lanjut Alwin Lily lagi.

IB Clinic sendiri memang berfokus pada perawatan wajah sehat, glowing, dan cantik ala Korea. IB Clinic, yang memiliki beberapa cabang di Bandung dan Tasikmalaya ini adalah tempat yang tepat bagi teman-teman yang ingin memiliki kulit sehat, glowing, dan cantik ala Korea.

Mau tahu ulasan selengkapnya tentang IB Clinic ini? Terus ikuti sharing saya mengenai IB Clinic dan tips kulit sehat, glowing, dan cantik ala Korea di postingan selanjutnya, ya.

Share:

0 comments